Beranda > Pengalaman > 1 Minggu yang berkesan. Dengan Course Geologi yang Mantab!!!

1 Minggu yang berkesan. Dengan Course Geologi yang Mantab!!!

Assalamualaikum…

Aku sedikit bertutur tentang pengalamanku selama seminggu ini. Cukup berkesan, walaupun banyak pusingnya juga. hehehe,,,

Awal minggu ini aku lewat kan seperti biasa; kuliah, rapat malam, makan, minum, dan sebagainya. Termasuk meminjam game di Kingkong samping Alfamart Mandiri.

Tak kalah juga aku nonton Mind Your Language, film lama tahun 1970an yang bergenre komedi dan salah satu film terbaik sampai saat ini. Sedikit promosi, film ini dibintangi Barry Evans, berkisah tentang les bahasa inggri di Inggris untuk warga negara asing yang menetap di situ. Ada dari Italia, Yunani, China, Jepang, Pakistan, India, Spanyol, dan Jerman, juga Perancis (the best perancisnya, hehehe… so beautiful…). Kocak banget nih film. Si Barry Evans yang memerankan Mr. Brown, sang instruktur les, harus berusaha mati2an mengajarkan bahasa inggris ke anak2 muridnya, ditambah mereka semua masih gak tau apapun tentang bahasa inggris, kecuali Su Lee, Ali Nadheem, Singh, Maximiliano, dan Giovani yang lumayan bisa dikit2 walau masih kacau balau. Orang favoritku selain si Mr. Brown adalah Giovani yang gayanya agak lebay, Daniel si primadona asal Perancis yang suka menggoda si Mr. Brown, Ali Nadheem yang suka kacau grammernya, ama Su Lee yang gak bisa baca “R”. Oya, juga Juan Cervantes yang dari Spanyol yang selalu bilang “Por Favor” alias “Please” saking gak taunya bahasa Inggris. hehehehe…

Filmnya sangat inspiratif dan mendidik. Meningkatkan skill bahasa inggris kita dengan mendengarkannya (tanpa subtitle) dan mengajarkan kepada kita apa arti persahabatan walau kita beda latar belakang. Soalnya nih cerita gak hanya di kelas aja. Kocak abis juga di luar kelasnya. Dan berhubung serialnya panjang sampai Session 3, kita bisa belajar banyak banget hingga listening kita bisa terlatih terhadap logat bahasa inggris.

Back to laptop…

Pada hari Kamis aku ikutan course dari CNOOC di kampus FTG UNPAD. Berhubung hari itu hari libur, suasana kampus sangat sepi. Yang datang juga sedikit, sekitar 20 dari 30 peserta total. Instrukturnya ada 2, Roby Nurzaman (alumni geounpad 2000) sama Erik Yogapurana (alumni geounpad 1997).

Aku dan teman2ku baru pertama kali ini mengikuti course tentang geologi yang super hebat dan gak bikin ngantuk sampai sore. Kang Roby dan Kang Erik adalah pembicara dan instruktur terbaik dalam hal geologi. Mereka tidak hanya menjelaskan tentang satu bagian ilmu geologi, melainkan hampir semuanya. Layaknya ahli geologi multidisiplin. Dan Kang Roby gak berpikir terlalu lama untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kami. Ibaratnya, dia seimbang dengan dosen2 geologi di luar negeri, kalau dosen luar negeri seperti yang digambarkan Andrea Hirata di novel Edensornya. Kalau saja Kang Roby dan Kang Erik ngajar di geologi unpad, bakal jago-jago lulusan geologi unpad tuh ketimbang ITB dan UGM. Dan ahli dalam sedimentology dan karbonat. hahahaha… mantap!!!

Gak cuma 1 hari! 2 hari! Di hari kedua kami melanjutkan course hari pertama karena begitu banyak materinya. Juga diselingi exercise tentang materi yang sudah diberikan. Motivasinya mantap, hadiah. Dan exercisenya ampe yang terakhir adalah kegiatan yang biasa dilakukan seorang geologist dalam sehari2annya explorasi hidrokarbon.

Kang Roby dan Kang Erik sangat apik dalam menjelaskan materi. PEMBERIAN MATERI OLEH PEMBICARA YANG TEPAT. Begitu kata aku. Kalau yang lain menjelaskan materi geologi secara bikin ngantuk, mereka berdua memberikan materinya dengan pendekatan yang fun, motivasi, dan mantabbb,,… gak bisa dijelaskan dengan kata2. Harus mengalaminya sendiri.

Aku salut dengan Kang Erik yang menshare ilmunya tentang geologi JUGA tips2 sukses rekrutmen di oil company. Dan dia juga menceritakan tentang kisah masa lalunya dan alumni yang lain yang tidak indah dan akhirnya mereka sukses. Kita jadi termotivasi. Kita yang sudah mengenal oil company dan uang dari ortu cukup seharusnya bersyukur dan berusaha meraih kesuksesan…

Aku salut lagi dengan keduanya. Mereka berhasil memotivasi kami untuk keluar dari kotak. Alias berani menjawab walaupun jawaban bodoh ataupun pertanyaan bodoh. Bahkan mereka berbicara sinis di akhir hari pertama tentang yang gak berani menjawab, tentunya dengan hal-hal positive yang bikin kami terpacu. Kang Roby juga bilang, “Jangan takut menyampaikan pertanyaan bodoh, karena yang ditanya dulunya juga bodoh.” Kami terhipnotis oleh mereka.

Dan ada satu intisari yang bisa kuambil dari kesuksesan mereka berdua;

1. Berani bicara walaupun hal-hal itu bodoh, karena yang gak berani gak bakal dapat kesempatan

2. Banyak baca buku (jangan diktat, tapi textbook) dan buku2 tema lainnya seperti leadership

3. Beribadah dan memperdalam ilmu Allah karena dengan begitu mengimprove skill kita

4. Pertinggi TOEFL, minimal 550

5. IPK please deh… minimal masuk Conoco aja 3,4 bung!

6. Kalau mau ilmunya nempel di kepala kita, ajarkan ilmunya ke orang lain.

7. Kekurangan bukan hambatan, melainkan motivasi

8. Jadilah pembicara yang sukses dan pendengar yang baik

9. Ikhlas

10. Serahkan sisanya kepada Allah SWT… karena dia pemilik segala ilmu, pemilik hal2 yang berhubungan dengan melahirkan, anak, dan sebagainya,,.. dan dia adalah Tuhan dari “hal” yang berbeda dengan kita. Yang menciptakan substansi pembentuk kita, menciptakan waktu, menciptakan udara, menciptakan warna, dan menciptakan apa saja yang kita kenal dan kita raba. Seperti kata melahirkan… Allah tidak memiliki anak, melainkan ciptaan. Dan dia kekal abadi…

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang yang berakal,” (Q.S. Ali Imran: 190)

Kang Roby pernah bilang, sangat lah bodoh orang yang atheis karena begitu banyak tanda-tanda kekuasaan Allah di dunia ini, dimana saja… tapi lebih bodoh lagi orang geologi yang atheis,,,

Wassalamualaikum wr. wb.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: