Beranda > Geology > Kulap (Field Trip) Geologi Dinamik 2008 (di tahun 2009)

Kulap (Field Trip) Geologi Dinamik 2008 (di tahun 2009)

KULAP KE: PELABUHAN RATU… YEHA, PANTAI!!!

Susahnya menjadi asdos adalah kau harus merelakan sebagian waktumu untuk mengajarkan praktikum kepada junior. Dan susahnya jadi asdos di geologi dinamik di Fakultas Teknik Geologi adalah: tidak dibayar. Hehehe…
Tapi kita dapat prestis dan ilmu sebagai balasannya. Kita adalah UGD’ers! Unit Geologi Dinamik’ers! Satu2nya asdos yang punya nama beda dengan yang lain. Layaknya UKM, dan kita sudah resmi diakui fakultas. UGD’ers ini berdiri pada tahun 1996 (kalo gak salah informasi).

Beberapa pekan lalu kita mengadakan fieldtrip atau kuliah lapangan geologi dinamik buat anak2 2008 geologi unpad. Mereka yang mengurus semuanya, kita tinggal datang di hari H. Semua fasilitas serba wah, wajar, kita tidak dibayar, gak seperti asdos2 yang lain. Berikut dokumentasi kegiatannya. Dari kamera kelompok aku, punya Fadilla.

4655_1078767094649_1390412303_30229568_1163353_n.jpg

Nih, kita lagi di Formasi Nyalindung, tempat kuburan moluska berada. Banyak banget moluskanya, berada di batupasir halus hingga sangat halus dan batulempung.
Anak-anak pada ngitung Strike/Dip, dosennya ditemani asdos menjelaskannya.

n1390412303_30229558_4924079.jpg

4655_1078757974421_1390412303_30229556_4169830_n.jpg

Nongkrong2 di hadapan Reef-up Carbonate Formasi Rajamandala.

n1390412303_30229560_3249448.jpg

Kembali ke Nyalindung, hehehe,…

4655_1078754374331_1390412303_30229536_2746298_n.jpg

n1390412303_30229538_8307966.jpg

Formasi Walat alias Bayah… ketua asdosnya euy… semangat nu.

n1390412303_30229594_3193524.jpg

Kembali ke foto Nyalindung, sedang menipu junior agar menjilat tuh ash…

4535_1079184825092_1390412303_30230235_8313015_n.jpg

Nah ini baru di Cisolok, tempat pemandian air panas.
Di sepanjang sungai ini banyak terdapat Geyser, atau air mancur panas. Diduga disepanjang sungai ini adalah zona lemah sesar mendatar, penerusan dari sesar Cimandiri.
Airnya berasal dari aquifer yang terdapat di bawah tanah, panas karena ada magma yang masih panas di bawah dan nyembur deh ke atas, bahasa sederhananya begitu.
Dan yang putih2 di moncong Geyser tuh, kalsit kalo gak salah, presipitasi dari mineral CaCO3 dari gunungapi (nonmarine) waktu keluar ke permukaan.

Sebelumnya kita jalan2 dan main ke pantai karena villa tempat kami nginap di pinggir pantai. Maknyos…
Ada foto cewek2 2008 yang bikin mata lo pada ngiler sengaja gak kumasukkin, demi keselamatan mereka. hehehe…

Sekian…

  1. otakgamma
    Juni 7, 2009 pukul 5:57 am

    bang, kalo batu warna putih di formasi nyalindung tu batu apa si? tuff kah?
    *haha, si ryan mau aja disuruh jilat. . haha

    oya bang, saya baca di literatur, yang di cisolok itu bukan geyser, tapi “sprouting spring” (ga tau apa artinya). Kalo geyser, dia kadang2 nyembur kadang2 berenti. gitu menurut literatur yg saya baca.

  2. reyndi
    Juni 11, 2009 pukul 4:19 am

    gam, sprouting spring apa gam? sama ga sama fumarol? Tapi kalo gue bilang cisolok itu fumarol.

    • Arie
      Juni 11, 2009 pukul 7:40 am

      Yang di cisolok mah geyser atuh… kan semburannya air panas.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: