Beranda > Tips > Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Mandiri

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Mandiri

Mind Your English!

Mind Your English!

Mandiri di atas bukan berarti belajar bahasa inggris lewat Bank Mandiri ya! hahahaha…

Nih, aku mau sharing tips belajar bahasa inggris tanpa harus ikutan les bahasa inggris. Karena secara pengalamanku dan teman-teman, dan alumni yang sudah terbukti dengan cara mandiri ini masuk International Oil Company dengan TOEFL >550, les bahasa inggris di tempat sekelas EF, TBI, dan macem2 gak bakal meningkatkan kemampuan kita kalau di kosan kita atau rumah kita kita tidak secara mandiri melatih diri kita. hehehe… terbukti denganku.

Aku jujur aja, belajar bahasa inggris dan lumayan jago diantara teman-teman ku dalam bahasa inggris (pasif sih) bukan dari les bukan juga dari sekolah. Sejak SMP kelas 1 aku suka main PS. Aku baru dibelikan PS soalnya waktu itu. Dan game yang kumainkan semuanya sama. Sebangsa RPG, macam Final Fantasy, dan macam2 banyaknya game RPG yang dah kumainkan. Serius… dari game itu aku mengenal dan menghafal kosakata bahasa inggris, hingga grammernya. Bukan dari les bahasa inggris sama sekolah. Hingga di SMA kalau ada ulangan bahasa inggris yang tugasnya translate bahasa inggris banyak juga yang nanya sama aku maksud dari kata bahasa inggris di soalnya, karena dalam bahasa inggris ada beberapa istilah dan permainan kata2 yang susah diindonesiakan.

Ini bukan bermaksud menyombong diri, tapi itulah faktanya. hehehehe…

Nah, back to laptop.

Sekarang aku belajar bahasa inggris Conversation di TBI Dago, Bandung. Kelas conversation dikhususkan pelatihan 50% speaking, 50% listening… dua bagian kelemahan aku dalam bahasa inggris, especially listening ability. Dan aku ikut les di sini khususnya agar ada sarana tempat aku berkata2 dalam bahasa inggris, karena kalau tidak dipraktekkan bakal kaku kita bicara bahasa inggrisnya.

Nah… kita lanjutkan lagi,. hehehee…

Ada beberapa cara agar kita bisa belajar bahasa inggris dengan lancar tanpa harus les bahasa inggris. Dan kita sama2 tau kalau orang inggris gak pernah les bahasa inggris kan? Gimana bisa mereka bahasa inggris??! Hehehe…

Caranya:

1. Sewalah DVD film2 berbahasa Inggris (khususnya film British atau inggris asli)

Dalam menonton jangan pakai subtitle bahasa indonesia. Minimal pakai subtitle bahasa inggris, tapi alangkah bagusnya gak pakai subtitle sama sekali kecuali kamu pemula. Nah dengan cara seperti ini kita bisa melatih listening dan kosakata serta grammer. Listening berpengaruh di sini, karena kita langsung mendengarkan mereka bicara dan melafalkan tiap katanya, beda kalau kita baca tulisan bahasa inggris atau orang indonesia bicara pakai bahasa inggris.

2. Dengerin musik berbahasa Inggris

Nah, di sini bakal kerasa ngaruhnya ke Listening dan kosakata. Kalau kita dengerin lagu kita kadang cenderung ikut menyanyikannya kan? Melatih grammer dan vocabulary juga tuh. Listening? So pasti! Nah, sebaiknya juga kita siapkan hasil prinan lyricnya kalau di CD bajakan kita gak ada lyricnya. hehehe…

3. Baca koran atau buku bahasa inggris

Maaf, bukan bermaksud promosi. Hehehe… seorang borehole geologist Schlumberger yang lulusan Geologi UGM dan berlogat jawa banget bisa jago bahasa inggris lho! Dengan menerapkan cara2 yang aku tulis di sini. Katanya dia juga membeli koran Jakarta Post kalau lagi ada duit. Dari membaca yang berbahasa inggris seperti itu kita bisa belajar banyak juga lho. Kita juga dituntut kemampuan reading kita.

4. Bicara pakai bahasa inggris ke teman2 dan mereka juga harus ikutan

Nah, cara ini juga penting. Kalau belajar doang gak bakal berhasil, harus diaplikasikan! Itu mengapa aku les bahasa inggris di TBI, agar ada sarana, dan ada native speakernya. Dan terbukti sekarang kemampuan listening aku meningkat. hehehe… Bicaralah dengan teman2mu semua yang (tentu saja) mau diajak kerjasama.

Dan cara terakhir yang paling penting:

5. Jauhkan kata MALAS, MALU, GAK SUKA BAHASA INGGRIS, dan kata2 negatif lainnya. Karena dengan terbersit sedikit saja dalam hati, bakal bikin kalian terhambat dalam usaha kalian belajar bahasa inggris. Serius…

Sekian aja ya, semoga bermanfaat.🙂

  1. Rizqi Syawal
    Juni 21, 2009 pukul 4:39 pm

    wah ternyata blog saya sudah dilink kan thanks ya… atas ilmu nya… salam from geology Undip

  2. Juni 26, 2009 pukul 5:30 pm

    setuju bgt!
    apalagi yg denger lagu.
    kalo saya si biasanya latian dgn baca buku2 atw artikel geologi brbahasa inggris (haha, sombong).
    tp, kadang2 bner jg, ada kalimat bhs inggris yg sulit d indonesiakan. pdhl mksd ny ma ngerti.

    -otakgamma.wordpress.com-

  3. Juli 15, 2009 pukul 7:35 am

    sangat bermanfaat bos..

  4. dani chilawhu
    Juli 22, 2009 pukul 12:57 am

    wow ,,,,,,very good tips for me thanks on information (saya juga sedang belajar apa yg anda sarankan Terima kasih ya mas,mohon koreksi kalau saya salah)

  5. toyo widodo
    September 7, 2009 pukul 2:14 am

    moga aja tips lo bermanfaat buat aku, amin. and lo dpt pahala.

  6. nella.PG FISIP UNPAD
    Oktober 6, 2009 pukul 6:28 am

    Thx bgt bwt masukannya.. tp abs baca tips dr lo..gw lgsg sedihh..
    gra2 Biaya pendidikan di TBI mahal bgt..klo untuk org2 ky gw ga ketolong bgt.
    kira2 lo tau ga tmpat les yg aga minim administrsinya tp ttp bs ngbntu sy bljr b.inggrs???
    -thx before-

    • Arie
      Oktober 12, 2009 pukul 2:09 am

      Hmmm… gimana kalo di EEP di deket TBI. Lumayan murah tuh n bagus. Atau kalo mw di BLCI di deket Taman Sari.
      Atau kalo mw super murah ke The Center aja di deket setiabudi. Atau dekat McD situ. Ada tuh… tempat les ama klub bahasa inggris. Keanggotaan 75ribu pertahun. Bebas datang kapan aja n hang out ngobrol pake english. Ada bule juga di sana.

  7. Nuryaman
    Januari 7, 2010 pukul 3:42 am

    Oke thank u buat inform-nya. TBI enak ya ?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

