Beranda > Tips > Persiapan Sebagai Backpacker Pemula

Persiapan Sebagai Backpacker Pemula

Backpacker Duduk2 Sambil Nyari Ide. Hehehehe...

Backpacker Duduk2 Sambil Nyari Ide. Hehehehe...

Nih artikel dikutip dari tulisan seorang jagoan backpacker indonesia yang bernama Mujtahid Aktanto.

Buat kamu Para Newbie BackPackers.. ada beberapa Syarat MUDAH yang mesti loe terapin sebelum berangkat ke Tujuan…

1. seorang Backpacker HARUS!! Bisa mengatur Management Keuangan Pribadi..!!! Pandai2lah merinci sedetil mungkin biaya perjalanan dari awal.. Perkiraan Transport, Menginap, Harga akomodasi menuju tempat wisata…, biaya Taxi, makan, jajan, pulsa, sumbangan sukarela dll… Itu adalah nyawa dari seorang backpackers… Tanpa merinci detail biaya perjalanan.. tinggal tunggu waktu pak polisi memulangkan kamu dengan sukarela… atau yg lebih baik gandol truk sisanya naik taxi bayar di rumah…..(tentu dalam kondisi perut kosong..) Cari segala Informasi Pengeluaran biaya di internet.. banyak sekali kok teman2 yang mau sharing pengalaman beserta rinciannya.. tujuan yang kamu cari juga pasti ada rincian biayanya…

2. sebisa mungkin bawa 1 Bag aja… jangan bawa perlengkapan lebih dari 2 tas!! dan usahakan semua tasnya model Ransel atau slempang!! satu di taruh di punggung satu di taroh di dada… Itu aja dah Menarik Perhatian Orang lho… Apalagi Kamu bawa Tas yang model Geledekan beroda… Pasti di bathin… “Mau Pindahan mas….” atau minimal.. “arah ke bandara bukan disini Mbak…” hahahaha….

3. KORE API bawa 2!! senter kecil, aqua botol tanggung, MP3player, HP, Charger, Anduk, Sabun, odol, sikat, pewangi, pembersih muka, itu hal yang Wajib di bawa!! Soalnya Gimana2 kan foto2nya mesti keliatan Keren… Jadi harus selalu standbye pembersih!! hahahaha.. Jangan lupa!! Celana renang Kalo ke pantai.. Biar ga nyesel!!

4. Peta, Atau Petunjuk arah, atau Segala Informasi Tentang Tujuanmu!! Semuanya ada di Internet!! jangan malu buka peta di muka umum..!! kadang itu bikin kita makin PEDE Lho!! Kalo cariInfo jangan kulitnya doank!! cari sampe ke akar-akarnya!! termasuk Living Cost, Jarak tiap tujuan, bahasa, sikap masyarakat disana.. dan cerita tentang peringatan berbahaya atau apapun…

5. Destination terbaik harus ke kota yang tingkat Keramahannya Paling Tinggi!! Jangan Nekat backpackeran ke daerah rawan perang dan kriminalitas tinggi kalo mau selamat!!! bisa2 dicopet karena bawa banyak tas…!!! Usahakan uji coba traveling ke jogja atau ke bali dulu…. 2 kota itu selalu jadi tujuan utama para backpackers pemula… yg lainnya.. terlalu beresiko kantong jebol!!

6. setelah kamu rinci semua anggaran biaya,
lebihkan sedikit aja.. 100 atau 150 rb buat prepare.. dan kamu letakkan di amplop yg terpisah!!
JANGAN SEKALIPUN kamu Letakan uang buat biaya rincian perjalananmu di dompetmu!! Pisah jauh dari Dompetmu biar ga kepake..!! Peringatan ini Penting!! karna kenyataannya mereka yg ga misahin uang perjalanan dengan dompetnya pasti mengeluh kehabisan duit!!

7. kalo cari penginapan, usahakan booking dari kotamu sebelum kamu berangkat!!! booking dulu dan bilang kamu pesan satu hari!! Coba cari informasi losmen atau hotel murah di internet.. Pasti ada diskon promo… dan jangan jauh jauh dari pusat kota buat hemat ongkos laen-laennya…

8. Jangan mudah belanja sana sini…!!! kamu backpackers!! barang yg kamu bawa cuman bisa kamu sembunyiin di ransel kamu… kalo kelebihan barang bakal repot membawanya… menyusahkan…!!

9. Cari Tiket Transportasi Yang paling Gampang aksesnya… Contohnya KERETA kalo ke kota2 besar… bisa PATAS kalo ke daerah2 yang jalannya berliku2.. kita cari senang bukan cari penyakit.. terlalu diirit2 malah bikin perjalanan ga menyenangkan sama sekali!!!

10.Beranikan dirimu buat bertanya! atau sekedar berusaha ramah kepada penghuni sekitar tempat wisata…!!

11. jangan lupa, urus semua keperluan yang kamu butuhkan selama perjalanan.. Visa Pasport, KTP, Atau Idcard dsb.. STNK kayaknya ga perlu kalo kamu pake transport umum..

12. Backpacker selalu diuji tingkat kesabarannya buat mendapatkan sesuatu yang murah…seperti apa itu?? hehehehe… rasakan sendiri kalo dah mulai menjadi sorang backpacker…

sisanya kamu atur sendiri….. OKE!!!

  1. Juni 27, 2009 pukul 12:02 pm

    hmm.. kayaknya ini emang bener2 diperlukan pemula kalo mau jalan-jalan ala backpacker…
    Ini gaya penulisannya yang asik dibaca, hehehehe…
    Thankyu sob.. lumayan buat di print..

    • Arie
      Juni 27, 2009 pukul 12:04 pm

      hehehe… no problem sob.

  2. Juli 9, 2009 pukul 4:19 pm

    sekedar nambahin..,bw jaket tebel buat d tmpt yg dingin..
    Oya,buat yg perjalanan lbh dr 2 minggu,ad tip buat jml baju yg bs d bw brp?thx.

    • Arie
      Juli 10, 2009 pukul 3:57 am

      Kalau aku sih lebih prefer bawa 3 atau 4 set pakaian. Dengan acuan sering nginap di motel atau rumah teman. Kalau ke hutan aku bawa pakaian sekitar 5 untuk cadangan, dan keranjang trash bag untuk pakaian penuh lumpur.

      Sebenarnya dengan waktu 2 minggu 2 atau 3 set dah cukup, asal rajin di laundry aja.

  3. lhiean mraz
    November 26, 2009 pukul 7:44 am

    aq suka prJalnan jauh….. aq mutusin buat jadi BACKPACKER cz terinsPirasi ma jason mraz,,,,, sUmpah dia qeren bangedhhhhh

    • Arie
      November 27, 2009 pukul 10:09 am

      Iya gitu ya kalo Jason Mraz backpacker??
      Baru tau aku… bukan penggemarnya soalnya (gak ada TV di kosan).

  4. fiqih fahlevi
    Januari 27, 2010 pukul 5:32 am

    aduh,, thanks banget infonya.. saya mau nyoba backpackeran nih.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: